Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli
Definisi pendidikan menurut para ahli berasal dari beragam perspektif. Perbedaan perspektif ini memberikan variasi sudut pandang yang dapat memperkaya pemahaman mengenai pendidikan. Apakah kamu ingin tahu apa saja definisi tersebut? Berikut ini adalah ulasannya.
Definisi pendidikan yang pertama datang dari pendapat Nabi Muhammad SAW. Meskipun di zaman Rasulullah pendidikan akademik tidak sama seperti saat ini, beliau sudah menekankan pentingnya pendidikan.
Beliau bersabda, “Barang siapa yang menghendaki kebaikan di dunia maka dengan ilmu. Barang siapa yang menghendaki kebaikan di akhirat maka dengan ilmu. Barang siapa yang menghendaki keduanya maka dengan ilmu” (HR. Bukhori dan Muslim).
Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa pendidikan merupakan salah satu modal utama untuk mencapai berbagai hal, asalkan dilakukan dengan niat yang baik.
Definisi pendidikan menurut para ahli lainnya tentunya berbeda dari pemuka agama. Salah satunya adalah Mahmud Yunus, yang menjelaskan bahwa pendidikan adalah usaha untuk mempengaruhi seseorang agar pengetahuan yang dimilikinya bertambah.
Dari ilmu pengetahuan yang diperoleh tersebut, diharapkan tidak hanya pengetahuan yang berkembang, tetapi juga akhlak yang baik dan kemudahan dalam mencapai tujuan dan cita-cita yang tinggi.
Mahmud Yunus juga menyatakan bahwa pendidikan tidak hanya sebagai sarana untuk mencapai cita-cita, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk memperoleh bvbpublicschool.com kehidupan yang bahagia dan meningkatkan kualitas hidup bagi orang lain. Hal ini mencakup manfaat bagi masyarakat, negara, diri sendiri, serta bagi agama dan bangsa.
Selanjutnya, kita pasti mengenal sosok yang satu ini. Ya, Ki Hajar Dewantara, yang dikenal sebagai bapak pendidikan nasional, adalah salah satu tokoh penting dalam dunia pendidikan di Indonesia. Menarik untuk membahas pendidikan melalui pandangannya. Sebagai mantan jurnalis yang berani mengkritik penjajahan Belanda, Ki Hajar Dewantara memiliki pandangan yang unik mengenai pendidikan.
Ia berpendapat bahwa pendidikan adalah tuntunan hidup seseorang. Tuntunan ini harus diajarkan sejak anak-anak. Pendidikan yang baik akan menuntun individu untuk menemukan kekuatan dan potensi yang ada dalam diri mereka.
Apa yang ditemukan dalam diri dan diarahkan oleh pendidikan itulah yang akan menuntun seseorang untuk meraih kebahagiaan hidup yang maksimal dan mencapai keselamatan.
Setelah membahas pandangan pendidikan dari tokoh-tokoh Indonesia, mari kita lihat pendapat dari tokoh luar negeri. John Dewey menganggap pendidikan sebagai proses pengalaman seseorang dalam mencari ilmu pengetahuan. Ia berpendapat bahwa ilmu pengetahuan akan terus berkembang seiring dengan pertumbuhan individu.
Tidak dapat disangkal bahwa melalui pendidikan, pertumbuhan individu dapat diraih. Pertumbuhan seseorang memang terbatas oleh usia, namun proses pertumbuhan adalah penyesuaian pada setiap fase dan peningkatan keterampilan dalam perkembangan individu.